MANFFAT MINYAK ZAITUN


Minyak zaitun atau yang dalam bahasa Inggris bernama Olive oil adalah minyak yang dihasilkan oleh buah zaitun (Olea europaea), pohon zaitun sendiri berasal dari wilayah Mediterania. Minyak zaitun memiliki berbagai macam kandungan nutrisi dan vitamin seperti, vitamin K, vitamin E, lemak dan sedikit zat besi. Maka tidak heran jika manfaat minyak zaitun sangat beragam untuk mengatasi masalah kesehatan.
Manfaat Minyak Zaitun
Minyak zaitun memiliki banyak kegunaan, saat ini minyak zaitun sudah sering digunakan untuk memasak, sebagai bahan baku sabun dan bahan kosmetik. Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan tubuh juga sangat banyak, dari mengatasi bibir yang pecah-pecah sampai mencegah penyakit kanker. Lalu tips kesehatan apa saja yang bisa kita dapat dari minyak zaitun? Mari simak bersama beberapa manfaat minyak zaitun berikut ini.
Bagan Artikel [show]

Manfaat Minyak Zaitun

1. Mengatasi jerawat

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang paling sering dialami kebanyakan orang. Jerawat yang membandel atau meninggalkan bekas luka tentu akan membuat penampilan Anda menjadi kurang menarik. Jika sudah begini biasanya kita melakukan segala cara untuk membuat kulit kita bersih dari jerawat atau bekasnya, namun penggunaan kosmetik dengan bahan yang tidak jelas bisa malah membahayakan kulit kita.
Manfaat minyak zaitun untuk jerawat dapat menghilangkan jerawatbo, caranya cukup mudah cukup oleskan minyak zaitun pada bagian yang diinginkan kemudian diamkan selama 15 menit. Jika sudah bilang wajah hingga bersih, perawatan secara rutin dapat membuat jerawat Anda cepat kering dan hilang. Namun jika jerawat kondisi jerawat Anda bertambah parah disarankan untuk menghentikan perawatan ini.

2. Mencegah stroke

Terdapat sebuah penelitian yang mengatakan bahwa orang yang mengonsumsi olive oil memiliki risiko penyakit stroke lebih rendah dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsinya. Ini artinya menggunakan minyak zaitun di berbagai masakan dapat memberikan dampak positif untuk kesehatan tubuh saat ini dan di masa depan.

3. Mencegah kanker

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan yang selanjutnya adalah, ia dapat mencegah risiko kanker. Seperti yang kita tahu bahwa minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, antioksidan inilah yang dapat mencegah terjadinya kanker. Cara mengonsumsi minyak zaitun ini juga cukup mudah, Anda tinggal mencampurkannya ke dalam masakan atau sebagai pengganti minyak sayur Anda.

4. Menurunkan risiko kanker rahim

Kanker rahim menjadi penyakit yang mengerikan untuk perempuan, lantas bagaimana cara menurunkan risiko terkena penyakit ini? Salah satu cara yang bisa Anda tempuh ialah dengan mengonsumsi minyak zaitun. Kandungan yang ada di dalamnya mampu menekan risiko kanker rahim dalam tubuh, sebenarnya tidak hanya kanker rahim saja seperti yang sudah kami tulis di atas.

5. Menyehatkan rambut

Manfaat minyak zaitun untuk rambut dapat mengatasi berbagai masalah rambut seperti rambut kusam, rambut rontoh, berketombe dan lainnya. Berbagai kandungan di dalam minyak zaitun sudah lama dipercaya dapat menyehatkan dan membuat kondisi rambut kita lebih baik. Cara menggunakan minyak zaitun cukup mudah, Anda cukup mengoleskan minyak zaitun pada rambut hingga merata. Diamkan kurang lebih 15 menit, lalu bilas rambut hingga benar-benar bersih.

6. Melembabkan bibir

Manfaat minyak zaitun untuk bibir adalah dapat menjadi pelembab bibir. Selain aman untuk digunakan karena berasal dari bahan alam, penggunaan minyak zaitun sebagai pelembab bibir juga akan memberikan nutrisi dan vitamin kepada bibir kita. Untuk menggunakannya Anda cukup mengoleskan minyak zaitun pada bibir secukupnya.

7. Membersihkan make up

Minyak zaitun dapat digunakan untuk membersihkan sisa-sisa make up Anda. Hal ini bisa Anda lakukan jika Anda kehabisan pembersih make up namun memiliki minyak zaitun. Banyak produk-produk pembersih make up yang saat ini menggunakan bahan cleansing oil, yang salah satunya ialah minyak zaitun.

8. Sebagai masker wajah

Ingin facial menggunakan bahan alami yang mudah dijumpati, nah minyak zaitun juga bisa menjawabnya. Minyak zaitun dapat membuat kulit wajah Anda menjadi lebih sehat, cara menggunakannya hanya oleskan minyak zaitun murni ke wajah.
Atau Anda juga bisa menambahkan dua sendok teh cuka apel dan satu sendok teh madu ke dalam satu sendok teh minyak zaitun. Kemudian oleskan pada wajah Anda hingga merata dan diamkan selama kurang lebih 10-15 menit. Bila sudah cuci hingga bersih wajah Anda dengan air hangat dan keringkan menggunakan handuk dengan cara ditepuk-tepuk perlahan.

9. Melembabkan kulit

Minyak zaitun mengandung vitamin E yang baik serta antioksidannya mampu melindungi kulit dari faktor eksternal seperti paparan sinar matahari ataupun polusi. Dengan tekstur yang ringan, minyak zaitun bisa menjadi pelembab alami yang sempurna dan tahan lama untuk semua jenis kulit.
Aplikasikan minyak zaitun pada kulit lembab setelah Anda mandi, untuk bagian wajah Anda bisa memberikan pijatan lembut sambil mengoleskan minyak zaitun. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, lalu bersihkan dengan air suam-suam kuku.
Catatan: Jika Anda memiliki jenis kulit yang kering, oleskan minyak zaitun ke wajah Anda sebelum tidur dan biarkan semalaman. Anda bisa membersihkannya pada keesokan harinya dengan menggunakan air hangat.

10. Meningkatkan fungsi otak dan mengurangi risiko alzheimer

Beberapa peneliti dari University of Massachusetts Amhrest mendapatkan fakta menarik yakni, minyak zaitun dapat meningkatkan kemampuan memori otak hingga 25% dan melindungi sel-sel otak dari kerusakan. Selain itu minyak zaitun juga dipercaya dapat mengurangi risiko alzheimer dan penyakit otal lainnya.

11. Membantu menurunkan berat badan

Bagi Anda yang merasa memiliki kelebihan berat badan, Anda dapat menggunakan minyak zaitun sebagai salah satu bahan makanan untuk dikonsumsi. Berbagai kandungan yang dimiliki minyak zaitun dipercaya dapat membuat kita jadi lebih cepat kenyang meskipun porsi makanan yang dikonsumsi lebih sedikit, tentu saja hal ini cocok untuk Anda yang sedang menjalankan program diet.

12. Mencegah penuaan dini

Tidak hanya dapat menyehatkan dan melembabkan kulit, minyak zaitun ternyata juga dapat mencegah kulit keriput pada wajah dan tanda-tanda penuaan lainnya. Hal ini karena kandungan squalene yang ada pada minyak zaitun, kandungan ini menjaga keelastisan dan kekencangan kulit agar terlihat awet muda.
Terdapat sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa mereka yang rutin mengonsumsi minyak zaitun memiliki kulit yang tampak lebih mudah dibanding yang tidak mengonsumsi.

13. Menghilangkan selulit atau stretch marks

Selulit atau stretch mark biasanya muncul pada wanita setelah melahirkan. Stretch mark akan mengganggu penampilan bila tidak dihilangkan, salah satu cara mudah untuk menghilangkannya adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Berkat kandungan squalene pada minyak zaitun stretch mark yang Anda miliki bisa hilang secara bertahap.
Cara penggunaannya, Anda tinggal mengoleskan minyak zaitun ke permukaan stretch mark secukupnya. Atau Anda bisa juga menambahkan bubuk kopi ke dalam minyak zaitun, kemudian oleskan secara merata scrub tersebut. Bilas dengan air hangat bila sudah, perawatan ini bisa Anda lakukan dua kali dalam seminggu.

14. Mengurangi risiko diabetes

Diabetes atau yang biasa kita sebut sebagai kencing manis, merupakan salah satu penyakit yang paling berbahaya dan banyak menelan korban setiap tahunnya. Diabetes muncul karena tubuh tidak dapat mengontrol kadar gula dalam darah dan merusak organ tubuh lainnya. Terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa minyak zaitun dapat menurunkan kadar gula darah, meningkatkan sensitivitas insulin dan mencegah diabetes.

15. Meningkatkan sistem imun

Sistem imun atau sistem kekebalan tubuh merupakan sistem pertahanan manusia dari infeksi, bakteri, virus dan lainnya. Jika kita memiliki sistem imun yang kuat, maka kita juga akan lebih tahan terhadap serangan penyakit, begitu pula sebaliknya. Nah minyak zaitun memiliki kadar antioksidan tinggi yang dapat melindungi kita dari serangan penyakit dan radikal bebas.

16. Mengurangi rasa sakit karena infeksi

Jika Anda mengalami rasa sakit yang muncul karena peradangan atau infeksi, minyak zaitun bisa membantu mengurangi rasa sakit tersebut. Minyak zaitun mengandung senyawa bernama oleocanthal yang efeknya sama seperti ibuprofen atau obat pereda nyeri. Cara kerja senyawa ini adalah dengan menekan produksi enzim cyclooxygenas yang memicu rasa nyeri akibat peradangan.

17. Sehat untuk tulang

Penelitian lain mengenai manfaat minyak zaitun mengatakan bahwa ia dapat mempertahankan kepadatan dan kekuatan tulang. Minyak zaitun yang dikonsumsi bersamaan dengan makanan lain dipercaya dapat membuat penyerapan kalsium meningkat, dan mencegah risiko osteoporosis atau penyakit tulang lain pada usia lanjut.

18. Mencegah dan mengobati penyakit maag

Manfaat minyak zaitun yang selanjutnya adalah dapat mengobati penyakit maag. Penyakit yang menyerang lambung ini seringkali muncul saat makan tidak teratur atau terkena makanan yang tidak tepat.
Siapa sangka ternyata minyak zaitun juga bisa mengobati penyakit maag. Terdapat sebuah riset tentang minyak zaitun yang menyatakan bahwa minyak zaitun mempunyai kemampuan untuk menghambat pertumuhan bakteri penyebab maag, Helicobacter Pylori.

19. Menjaga peredaran darah tetap sehat

Minyak zaitun memiliki manfaat besar untuk sistem peredaran darah kita. Ia mampu meningkatkan elastitisitas pembuluh darah dan arteri sehingga dapat mencegah meningkatnya tekanan darah yang dapat menyebabkan pecahnya pembuluh arteri.
Selain itu minyak zaitun juga dapat meningkatkan produksi kadar lemak baik dalam tubuh dan mengurangi kadar lemak jahat yang dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung koroner.

20. Mengurangi gejala arthritis

Rheumatoid arthritis atau rematik adalah penyakit yang dapat meyebabkan peradangan, kemudian mengakibatkan rasa nyeri, bengkak dan kaku pada sendi. Penyakit ini muncul disebabkan oleh gangguan autoimun, penyakit ini paling sering menyerang bagian pergelangan tangan, tangan, lutut dan kaki.
Penderita arthritis biasanya akan mengalami rasa nyeri dibagian persendian akibat radang. Minyak zaitun dapat dijadikan obat pereda rasa nyeri tersebut sebab mengandung senyawa prostaglandin. Anda bisa mengoleskan minyak zaitun pada area yang nyeri seperti minyak oles pada umumnya.

21. Mematikan kutu rambut

Untuk Anda yang sering merasa gatal pada bagian rambut, bisa jadi terdapat kutu yang bersarang di rambut Anda. Cobalah untuk menggunakan minyak zaitun, cukup mengolerskan hingga merata pada kulit kepala dan biarkan beberapa saat, kemudian bersihkan kepala Anda dengan sampo hingga benar-benar bersih.

22. Meningkatkan kesehatan kulit

Setiap wanita pasti menginginkan kulit yang sehat, cerah dan tampak bercahaya, tidak jarang mereka rela menghabiskan banyak uang untuk melakukan perawatan kulit. Namun, daripada mengeluarkan banyak uang untuk hal tersebut, mengapa tidak mencoba memanfaatkan minyak zaitun?
Minyak zaitun mengandung vitamin E, yang dapat meningkatkan kesehatan kulit dengan mengobati peradangan, jerawat dan melindungi kulit dari penyakit serius seperti psoriasis dan kanker kulit. Anda bisa mencampurkannya dengan madu dan yogurt sebagai bentuk perawatan kulit untuk meningkatkan kesehatannya.
Bahan:
  • 1/3 cangkir yogurt
  • 1/4 cangkir madu
  • 2 sendok teh minyak zaitun
Langkah:
  • Campur semua bahan ke dalam wadah hingga merata
  • Terapkan campuran ini pada wajah Anda dan diamkan selama kurang lebih 20 menit
  • Cuci dengan air suam-suam kuku
Lakukan perawatan ini seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

23. Meningkatkan kesehatan kuku

Kuku terkadang menjadi indikator kesehatan tubuh kita. Selain itu kuku yang kusam dan rapuh juga menjadi masalah yang sering kita hadapi, hal ini tentu akan mengurangi penampilan kita. Salah satu manfaat minyak zaitun adalah bisa memperbaiki kesehatan kuku. Berkat kandungan vitamin E yang ada pada minyak zaitun, Anda bisa memperbaiki penampilan kuku.
Cara menggunakan minyak zaitun untuk merawat kuku cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskan sedikit minyak zaitun ke kuku dengan menggunakan kapas. Oleskan hingga merata dalam jumlah yang cukup, dan biarkan selama kurang lebih 30 menit sebelum mencucinya dengan air normal.

24. Mencegah kanker payudara

Menambahkan atau menggunakan minyak zaitun ke dalam masakah yang akan kita konsumsi dapat membantu mencegah kanker payudara. Dalam sebuah penelitian di Arab Saudi, ditemukan bahwa oleuropein yang merupakan senyawa alami di daun zaitun memiliki potensi sebagai anti kanker payudara.
Dalam uji coba klinis lain yang dilakukan di Spanyol, ditemukan bahwa wanita yang mengonsumsi makanan yang mengandung minyak zaitun memiliki kemungkinan melawan kanker payudara sebesar 62%.

25. Mengontrol kadar kolesterol

Anda bisa menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh dengan menggunakan minyak zaitun. Universidad Autonoma de Madrid di Spanyol menemukan dalam sebuah penelitian yang mereka lakukan bahwa diet kaya minyak zaitun dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Hal ini juga berkaitan dengan peningkatan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.

26. Memerahkan bibir

Memiliki bibir merah menawan tentu menjadi keinginan semua orang, terutama wanita. Namun karena berbagai faktor kebanyakan dari kita memiliki warna bibir yang cenderung gelap atau hitam. Cara memerahkan bibir paling mudah yang bisa Anda coba adalah dengan minyak zaitun.
Manfaat minyak zaitun bisa membantu menghilangkan bibir hitam dan secara perlahan memerahkan bibir. Ini berkat kandungan vitamin E dan K yang sangat baik untuk kulit, termasuk bibir. Cukup olesi bibir Anda dengan minyak zaitun setiap hari dalam jangka waktu tertentu sampai terlihat perubahan.

27. Mengecilkan pori-pori wajah

Sedang mencari cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami? Kebetulan sekali, minyak zaitun mengandung zat bernama linoleic yang bisa membantu Anda mengecilkan pori-pori yang tampak membesar. Pori-pori yang mengecil tentu akan membuat wajah Anda tampak lebih halus dan meningkatkan rasa percaya diri Anda.

28. Mengurangi risiko penyakit jantung

Mengonsumsi 2 sendok makan minyak zaitun setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal yang merupakan jenis lemak sehat untuk jantung. Gunakan minyak zaitun sebagai pengganti lemak jenuh dan trans, yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

29. Menghaluskan wajah

Manfaat minyak zaitun lain untuk kecantikan adalah dapat menghaluskan kulit wajah. Untuk mendapatkan manfaat ini secara maksimal, Anda harus menggunakan campuran minyak zaitun dan buah pepaya untuk dijadikan masker. Buah pepaya mengandung enzim papain berguna untuk regenerasi kulit. Kandungan vitamin A, C dan E yang bertindak sebagai antioksidan juga akan berfungsi dalam melembabkan, menutrisi serta menghaluskan kulit wajah Anda. Pepaya juga bisa berfungsi sebagai tabir surya alami bagi kulti Anda. Kombinasi antara buah pepaya dan minyak zaitun dapat memberikan efek kulit halus yang lebih cepat dan maksimal.
Cara menggunakannya cukup mudah, cukup haluskan buah pepaya secukupnya lalu campur dengan 2 sendok makan minyak zaitun. Oleskan pada wajah sebagai masker sampai merata, diamkan selama kurang lebih 30 menit lalu bilasa dengan air hangat.

30. Memutihkan wajah

Kandungan polifenol yang terdapat pada minyak zaitun dapat melindungi sel-sel kulit dari kerusakan. Maka dari itu Anda tidak perlu lagi menghabiskan uang terlalu banyak untuk membeli produk kecantikan atau melakukan perawatan kecantikan. Karena dengan mengaplikasikan minyak zaitun setiap hari Anda akan terbantu untuk memiliki wajah cerah secara alami.
Minyak zaitun memang mempunyai banyak manfaat seperti yang sudah kami tuliskan di atas, namun Anda harus tetap memperhatikan penggunaannya. Dan apabila saat menggunakan untuk salah satu perawatan di atas muncul efek samping minyak zaitun, Anda bisa pergi ke dokter untuk melakukan konsultasi mengenai perawatan yang Anda lakukan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

cara membuat mahkota bunga

cara membuat alas kaki dari kain flanel

20 macam makanan untuk diet